Rabu, 17 Februari 2010

Kemangi

a. Nama

1. Nama ilmiah : Ocinmum basilicum Lin. fa. Cilatum.
2. Nama daerah : kemangi (Jawa), kemanghi (Madura).
3. Nama asing : -

b. Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis
Tumbuhan kemangi memiliki rasa agak manis, bersifat dingin, berbau harum, dan menyegarkan. Beberapa bahan kimia terkandung pada seluruh bagian tanaman kemangi di antaranya 1,8 sineol, anethol, apigenin, dan boron. Sementara pada daunnya terkandung arginine dan asam asparpat.

Efek farmakologis yang dimiliki seluruh bagian tanaman kemangi di antaranya menghilangkan bau badan dan bau mulut, anastesi, membantu mengatasi ejakulasi premature, anti kholinesterase, merangsang aktivitas saraf pusat, melebarkan pembuluh kapiler (merangsang ereksi), menguatkan hepar, merangsang hormone estrogen, merangsang factor kekebalan tubuh, merangsang ASI, melebarkan pembuluh darah, mencegah pengentalan darah, melancarkan sirkulasi, merangsang keluarnya hormone androgen dan hormone estrogen, serta mencegah pengeroposan tulang. Selain itu, daunnya bermanfaat untuk memperkuat daya tahan hidup sperma, mencegah kemandulan, menurunkan gula darah, antihepatitis, diuretic, merangsang saraf, dan analeptic.

c. Perbanyakan dan Perawatan Tumbuhan
Perbanyakan kemangi dapat dilakukan denga biji. Kemangi dirawat dengan disiram air yang cukup, dijaga kelembaban tanahnya, dan dipupuk dengan pupuk organic.

d. Bagian Tumbuhan dan Digunakan dan Pemanfaatannya
Daun, biji, dan akar dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut.

1. Bau badan dan bau keringat
Tumbuk halus daun, biji, dan akar kemangi secukupnya, lalu seduh dengan air panas sebanyak 1 gelas. Saring air seduhan, lalu tambahkan gula aren secukupnya. Minum air seduhan pada pagi dan malam hari.

2. Bau mulut, badan lesu
Daun kemangi dimakan langsung sebagai lalap.

3. Ejakulasi premature, peluruh gas perut, peluruh haid, peluruh ASI, panas dalam, dan sariawan
Rebus daun kemangi segar atau kering sebanyak 15 g dalam 2 gelas air selama 15 menit. Minum dua kali sehari masing-masing ½ gelas.















Sumber data
Hariana, Arief.2008.Tunbuhan Obat dan Khasiatnya seri 2.Jakarta: Penebar Swadaya


Tidak ada komentar:

Posting Komentar